Keunggulan Blogger dan WordPress yang Harus Kamu ketahui

keunggulan blogger dan wordpress

Pada dunia blogging ada dua platform besar yang sudah banyak dikenal oleh semua orang yaitu wordpress dan blogspot. Dari kedua platform tersebut sama-sama memberikan beberapa fitur unggulan yang diperlukan dalam membuat sebuah blog. 

Mengenal Blogger dan WordPress Lebih Dekat

WordPress atau blogspot adalah content management system (CMS). Seiring berkembangnya teknologi kedua platform tersebut mempunyai perbedaan yang sangat signifikan.  Sebelum Mengenal lebih jauh mengenai keunggulan blogger dan wordpress. Mari kita bahas terlebih dahulu apa itu pengertian blogspot dan wordpres. 

Blogger Adalah …?

Blogger blogger layanan blogging yang mempunyai tujuan untuk melakukan publikasi blog secara gratis. 

Selain itu, blogger layanan milik Google. Selain itu, blogger dirilis pertama kali oleh Pyra Labs pada tahun 1199 dan tak lama kemudian pihak Google mengakuisisi platform blogspot ini pada tahun 2003. 

Setelah dimiliki oleh Google untuk blogspot dapat dioperasikan secara mudah. Saat ini sudah banyak aplikasi google lain yang mempunyai integrasi sama dengan blogspot. 

Pada saat mendaftar untuk menjadi seorang blogger dengan akun google yang kamu miliki maka akan langsung diintegrasikan dengan google analytics untuk melakukan analisa  performa website dan menggunakan Google Drive sebagai media untuk menyimpan. 

Dengan beberapa fasilitas kemudahan dalam penggunaan sampai dengan fasilitas-fasilitas lainnya maka blogger berhasil menarik semua para pemula untuk ikut gabung dan mulai dari bulan Juni 2021 sudah tercatat sebanyak 1.2 juta pengguna di seluruh penjuru dunia. 

WordPress Adalah …?

Wordpres adalah sebuah platform CMS yang dapat digunakan oleh orang yang akan membuat blog secara individu. 

semakin perkembangan teknologi terus meningkat maka untuk perkembangan dari wordpress kini dapat memenuhi kamu dalam membuat jenis-jenis website lainnya salah satunya adalah toko online.  WordPress pertama kali diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Kedua orang tersebut merupakan seseorang developer. 

Pada saat membangun sebuah wordpress kedua developer tersebut terinspirasi dari b2 atau cafe blog. Selain itu, wordpress juga menjadi salah satu platform gratis dan kini pengguna platform tersebut lebih dari 28 juta pengguna. 

Mengenal Keunggulan Blogger dan WordPress 

Setelah penjelasan diatas mengenai apa itu blogger dan wordpress yang sudah dijelaskan secara detail. Maka untuk kali ini mari kita bahas keunggulan blogger dan wordpress yang kami rangkum berdasarkan keterangan dari salah satu praktisi blogging dan sekaligus author dari blog pena dan memo dan kontenseru.com, Endar Julian.

Kelebihan WordPress yang Harus Kamu Ketahui 

Semakin penasaran bukan apa saja kelebihan dari WordPress. Langsung aja kamu simak penjelasannya mengenai kelebihan platform blogging ini.

1. Gratis 

Pada dasarnya platform wordpress dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Hanya saja untuk kamu yang akan menggunakan layatana wordpress hosting akan dikenakan biaya mulai dari Rp.10.000. Sedangkan untuk domain mencapai harga Rp.14.000 perbulannya.

2. Mempunyai Banyak Plugin 

Untuk kamu yang akan menambahkan fitur plug ini maka bisa kamu dapatkan 50.000 plugin secara gratis pada repository situs wordpress. 

3. Mempunyai Tema yang Cukup Banyak 

Kelebihan wordpress adalah kamu bisa memilih tema maupun template sebanyak 7.000 dan dapat digunakan secara gratis. 

Hampir semua tema pada wordpress bisa dikustomisasi tanpa harus menggunakan coding. untuk kamu yang akan mengubah font, warna tulisan sampai dengan model layout maka kamu hanya perlu melakukan klik di bagian-bagian tersebut. 

Kelebihan Blogger yang Harus Kamu ketahui

Setelah kamu membahas mengenai kelebihan wordpress. Mari kita juga membahas kelebihan n dari sebuah blogger. 

1. Milik Google

Blogger merupakan blog milik dari google. Sehingga untuk kamu menggunakan layanan blogspot akan dimanjakan dengan berbagai bentuk tawaran agar mempermudah dalam mencari sebuah informasi dengan mesin pencarian yang sudah terpopuler. 

2. Gratis 

Untuk kamu yang akan menggunakan beberapa domain dari sebuah blogger juga bisa mendapatkannya secara gratis karena hanya memilih domain yang ada di riwayat saja. 

Keunggulan lainnya, pada saat nama domain sudah kadaluarsa yang disebabkan lupa membayar sewa maka blog yang ada di blogspot kamu tidak akan hilang dan tetap ada. 

3. Mudah Dalam Penggunaan 

Pada saat kamu menggunakan blogger akan mempermudah kamu dalam mengisi sebuah blog. 

Selain itu, kamu juga akan diberi kemudahan dalam mengubah bentuk tampilan. Satu akun google hanya bisa satu orang pengguna. 

Sekian informasi mengenai keunggulan blogger dan wordpress yang harus kamu ketahui agar tidak terjadi kesalahpahaman dan semoga bermanfaat untuk kamu yang belum mengerti mengenai wordpress dan blogger.

Baca Juga: Cara Memindahkan Letak Sidebar Blogspot

You May Also Like

About the Author: Antarblog.com

Di Blog Antarblog.com ini admin akan membagikan artikel seputar dunia blogging, kesehatan, pendidikan, olahraga dan artikel dengan berbagai tema lainnya.