Bank Sampah – pengertian, pengolahan daur ulang jenis organik anorganik 

Bank Sampah - pengertian, pengolahan daur ulang jenis organik anorganik 

Bank Sampah – pengertian, pengolahan daur ulang jenis organik anorganik

Bank Sampah – pengertian, pengolahan daur ulang jenis organic anorganik. Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa sampah adalah masalah besar yang di hadapi manusia modern. Sampah menjadi maslah terutama di kota kota besar. Tidak hanya di Indonesia, taoi juga di seluruh dunia. Sampah plastic misalnya tidak hanya member dampak negative kepada lingkungan perkotaan taopi juga di pedesaan. Memang untuik di pedesaan dampaknya tidak langsung terasa mengingat lahan yang masih relative luas. Masyarakat modern banyak menghasilkan limbah plasti atau sampah plastic yang merusak pertanian di perdesaan secara jangka panjang. Ini juga patut kita sadfar bersama mengingat Negara kita adalah neraga yang mengandal;kan pertanian. Bila lahan pertanian sudah tak bisa lagi di garap akibat sampah maka kita dalam masalah yang sangat besar.

Pengertian sampah

Sebelum kita berbicara lebih lanjut tentang sampah ada baiknya kita mengerti apa yang di maskud dneghan sampah. Sampah adalah material sisa yang sudah tidak kita inginkan dan sisa ini biasanya emerupakan sisa dari sutu proses atau kegiatan. Sebagai bahan yangv tidak di inginkan maka sampah biasanya di buang. Nah setelah di buang inilah biasanya sampah bisa menimbulkan berbnagai macam masalah terutama untuk jenis sampah tertentu.

Bank sampah

Bank sampah adalah suatu kegiatan penanganan sampah di maan kita merangsang masyarakat untuk turut ambil bagian di dalamnya. Masalah sampah masalah klasik yang hartus kita hadapi. Masyarakat akan pasif tidak di beri insentif. Pada bank sampah masyarakat di minta untuk mengumpulakn dan enyetor sampahnya untuk kemudian di timbang dan di salurkan kepada bagian daur ulang. Hasil sampah berupa nominal uang di kembalikan kepada masyarakat penyetor sampah.

Pengolahan sampah dengan daur ulang

Pengolahan sampah dengan daur uang adalah cara terbaik untuk mngatasio masalah sampah. Sampah sampah did kumpulkan dan di pilah. Sampah plastic di bawa embali ke pabrik plastic untuk di jadikan barang baruy. Demikian juga untuk sambah logam dan gelas masih bisa di daur ulang menjadi bahan baru. Sedangkan sampah organic bisa di jadikan pupuk.

Sampah jenis organic dan anorganik

Dalam pengoahan sampah dan daur ulang sampah biasanya kita harus memilah sampah. Sampah sampah yang dengan mudah bisa di hancurkan oleh alam di sebut sampah organic. Sampah organic biasanya berasal dari smapah dapur seperti sisa makanan, sayur dan sia buah yang tak termakan. Sampah ini bisa di olah menjadi pupuk atau kompos. Sedangkan sampah anorganik adalahs ampah yang tak mudah hancur. Contohnya adalag sampah palstik, logam dan lains ebagianya. Sampah seperti ini harus di bawa ke pabrikd an di nlebur kembali menjadi barang barau.

Para sahabat sekalian, demikianlah ulasan kita yang membahas tentang Bank Sampah – pengertian, pengolahan daur ulang jenis organic anorganik. Semoga apa yang sudah kita bahas akan menambah wawasana nda tentang sampah.

You May Also Like

About the Author: Antarblog.com

Di Blog Antarblog.com ini admin akan membagikan artikel seputar dunia blogging, kesehatan, pendidikan, olahraga dan artikel dengan berbagai tema lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *